RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VI / I
Standar Kompetensi : Memahami hubungan antara ciri - ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.
Kompetensi Dasar :Mendeskripsikan hubungan antara ciri–ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus tumbuhan pemakan serangga).
I. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui pengamatan terhadap gambar dan lingkungan , siswa dapat menyebutkan 3 jenis tumbuhan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan benar.
2. Melalui pengamatan dan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan ciri khusus yang dimiliki oleh 3 jenis tumbuhan dengan benar.
3. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan bahwa adanya hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan dan lingkungan hidupnya dengan benar.
II. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Siswa mengobservasi gambar dan lingkungan agar dapat menentukan nama – nama tumbuhan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan benar.
2. Siswa melakukan observasi terhadap lingkungannya, agar dapat menyebutkan ciri – ciri khusus yang dimilki tumbuhan dengan benar.
3. Siswa berdiskusi kelompok untuk membuktikan bahwa adanya hubungan antara ciri – ciri khusus yang dimiliki tumbuhan dan lingkungan hidupnya dengan benar.
II. Materi Pokok
Ciri Khusus Tumbuhan
Contoh:
a. Kaktu b. Teratai c. Kantong Semar d. Bunga Raflesia
a. Daun berbentuk jarum, hidup di daerah yang kering, memiliki akar tunggang yang panjang untuk menjangkau air, batangnya adalah tempat menyimpan cadangan air,
b. Hidup di daerah rawa-rawa memiliki bung yang indah, akarnya serabut, batang menggembung tempat menyimpan oksigen.
c. Bentuknya bunga seperti guci, merupakan pemakan serangga,di dalam bunga terdapat cairan untuk menarik serangga.
d. Dapat mengeluarkan bau busuk, memiliki kelopak bunga yang lebar, merupakan tumbuhan yang langka, bau yang dikeluarkan bertujuan untuk menarik serangga.
IV. Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
V . Metode Pembelajaran : Ceramah. tanya jawab, problem solving, observasi.
VI . Kegiatan Pembelajaran
No. | Tahap | Kegiatan | Waktu |
1. | Pra | Ø Mempersiapkan perangkat pembelajaran yang akan digunakan, Ø Mengkondisikan siswa untuk pembelajaran yang akan dilaksankan. | |
2. | Awal a. Apersepsi b. Motivasi c. Informasi | Ø Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah diberikan sebelumnya. Ø Mengadakan tanya jawab tentang nama – nama dan ciri – ciri tumbuhan yang ada dilingkungannya. Ø Menugaskan kepada siswa untuk mengamati gambar yang ada di depan atau yang ditunjukkan guru. Ø Memotivasi siswa untuk aktif mengikuti pembelajaran dengan memberikan beberapa pertayaan seperti : 1. Gambar apa saja yang terdapat di papan tulis atau di depan ? 2. Dimanakah tumbuhan a dapat hidup ? 3. Apa ciri dari tumbuhan a ? 4. Apa fungsi ciri dari tumbuhan a ? Ø Memberikan informasi tentang materi dan tujuan pembelajaran yang harus dikuasai siswa setelah selesai pembelajaran. Ø Menjelaskan metode dan kegiatan yang akan dilaksanakan siswa selama pembelajaran. | 3 Menit 5 Menit 2 Menit |
3. | Inti a. Eksplorasi b. Elaborasi c. Konfirmasi | Ø Siswa mengamati gambar dan beberapa jenis tumbuhan yang ada di depan atau layar. Ø Siswa mencoba menyebutkan ciri khusus yang dimilki oleh beberapa jenis tumbuhan yang sedang diamatinya. Ø Siswa dengan teman sebangkunya membahas hasil pengamatannya untuk menemukan konsep mengenai ciri khusus dari beberapa tumbuhan yang diamatinya. Ø Siswa memahami konsep mengenai ciri khusus tumbuhan ada hubungannya dengan lingkungan hidupnya. Ø Siswa dengan teman sebangkunya mengidentifikasi tumbuhan berdasarkan tempat hidupnya dan menentukan ciri khusunya. Ø Melakukan kuis beradu cepat untuk menyelesaikan soal berupa gambar untuk menentukan ciri khusus yang dimiliki oleh tumbuhan tertentu. Ø Siswa melakukan problem solving untuk membuktikan bahwa terdapat hubungan antara ciri khusus tumbuhan dengan lingkungan hidupnya. Ø Siswa membahas hubungan antara ciri khusus tumbuhan dengan lingkungan hidupnya. Ø Siswa berdiskusi kelompok untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam LKS. Ø Setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya dan kelompok yang lain menanggapinya. Ø Guru bersama siswa melakukan tanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa. Ø Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi berdasarkan temuan–temuan selama pembelajaran. Ø Guru memberi penguatan kepada siswa yang telah bisa menjawab soal – soal kuis. | 15 Menit 15 Menit 10 Menit |
4. | Akhir | Ø Membuat kesimpulan bersama siswa tentang ciri khusus yang dimiliki beberapa tumbuhan dan hubungannya dengan lingkungan hidupnya. Ø Membuat learning journal sebagai bahan refleksi bagi siswa dan guru. Ø Evaluasi a. Penilaian Tekhnik : - Tes Bentuk : Isian 10 soal b. Analisis hasil belajar c. Tindak lanjut Perbaikan Pengayaan d. Memberi informasi tentang materi dan kegiatan pembelajaran pada pertemuan yang akan datang. | 20 Menit |
VII. Penilaian
Isilah titik – titik di bawah ini dengan benar !
1. Ciri khusus yang dimiliki tumbuhan yang hidup di air adalah . . .
2. Tumbuhan di samping merupakan tumbuhan . . . .
3. Penyerbukan pada raflesia dibantu oleh . . . .
4. Tumbuhan kantung semar biasanya tumbuh di daerah . . . .
5. Batang berongga pada teratai berfungsi untuk . . . .
6. Bunga rafflesia mengeluarkan mengeluarkan bau . . . .
7. Daun – daun pada kaktus berbentuk . . . .
8. Tumbuhan kantung semar menangkap serangga untuk memenuhi kebutuhan . . .
9. Ciri-ciri batang pada tumbuhan mawar adalah . . .
10. Batang kaktus memiliki kulit yang tebal utuk . . . .
Kunci Jawaban
1. batang berongga
2. venus
3. serangga ( lalat )
4. di rawa – rawa
5. menyimpan oksigen
6. busuk
7. duri
8. nitrogen
9. batangnya berduri
10. mengurangi penguapan
Pedoman Penilaian
Setiap 1 butir soal benar skor 1 x 10 = 10
Setiap 1 butir soal salah skor 0
Nilai = skor perolehan x 100
Skor maksimal
VIII. Sumber Belajar
- Buku SAINS kelas VI halaman 9 - 12. Penerbit : Erlangga
- Buku IPA kelas VI halaman 6 - 8. Penerbit : Depdiknas
- Buku IPA kelas VI halaman 7 - 9. Penerbit : BSE
IX. Media/Alat Pembelajaran
- Beberapa jenis tumbuhan yang memiliki ciri khusus.
- Gambar tumbuhan yang memiliki ciri khusus.
- Lingkungan / alam sekitar.
X. Nilai yang dikembangkan
1. Kerja sama
2. Tanggung jawab
3. Disiplin
4. Mandiri
Banyumas, …., …..., …….
Mengetahui
Kepala SDN 1 ……… Guru Kelas VI,
NIP. NIP.
LEMBAR KERJA SISWA
- Tujuan Kerja kelompok
Melalui pengamatan dan diskusi, siswa dapat menyebutkan ciri khusus tumbuhan dan manfaatnya bagi kelangsungan hidup tumbuhan tersebut dengan benar.
- Pengertian yang Ditanamkan
Beberapa tumbuhan mempunyai ciri khusus untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya.
- Cara Kerja / Petunjuk
§ Diskusikan dengan anggota kelompokmu soal-soal ciri khusus tumbuhan dan mafaatnya bagi kelangsungan tumbuhan tersebut di bawah ini dengan benar!
§ Jika ada soal yang belum jelas tanyakan kepada guru!
§ Bacalah buku – buku referensi tentang ciri – ciri khusus tumbuhan !
§ Selamat berdiskusi!
- Isilah tabel berikut dengan benar !
No. | Nama Tumbuhan | Ciri Khusus | Manfaatnya |
1. | kantong semar | ||
2 | rafflesia arnoldi | ||
3. | cocor bebek | ||
No. | Nama Tumbuhan | Ciri Khusus | Manfaatnya |
4. | teratai | ||
5. | kaktus |
- Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. Tumbuhan apa sajakah yang hidup di tanah kering ?
2. Tumbuhan apa saja yang hidup di air ?
3. Apakah ciri khusus yang dimiliki tumbuhan venus ?
4. Mengapa kantong semar membutuhkan srangga sebagai makanannya ?
5. Apakah perbedaan eceng gondok dan teratai ?
6. Mengapa daun kaktus berbentuk jarum ?
7. Apakah ciri khusus bunga raflesia ?
8. Mengapa lalat suka mendekati bunga raflesia ?
9. Bagaimana cara teratai bernafas ?
10. Apakah kegunaan rongga pada batang eceng gondok ?
Kelompok : …………………..............
Anggota :
1. ................................
2. ………………………..
3. ………………………..
4. ………………………..
5. ………………………..
|
LEMBAR SOAL
Isilah titik – titik di bawah ini dengan benar !
1. Ciri khusus yang dimiliki tumbuhan yang hidup di air adalah . . . .
2. (venus) Tumbuhan di samping merupakan tumbuhan . . . .
3. Penyerbukan pada raflesia dibantu oleh . . . .
4. Tumbuhan kantung semar biasanya tumbuh di daerah . . . .
5. Batang berongga pada teratai berfungsi untuk . . . .
6. Bunga rafflesia mengeluarkan bau . . . .
7. Daun – daun pada kaktus berbentuk . . . .
8. Tumbuhan kantong semar menangkap serangga untuk memenuhi kebutuhan . . . .
9. Ciri khusus yang dimiliki oleh bunga mawar adalah . . . .
10. Batang kaktus memiliki kulit yang tebal utuk . . . .
LEMBAR PENGAMATAN
No. | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor | |||||
Kerja Sama | Tanggung jawab | Disiplin | Mandiri | A | B | C | ||
1. | ||||||||
2. | ||||||||
3. | ||||||||
4. | ||||||||
5. | ||||||||
6. | ||||||||
7. | ||||||||
8. | ||||||||
9. | ||||||||
10. | ||||||||
11. | ||||||||
12. | ||||||||
13. | ||||||||
14. | ||||||||
15. | ||||||||
Dst |
Keterangan Skor :
A = Sangat Baik
B = Baik
C = cukup
numpang nyalin gan,ini sangat bermanfaat,makasih
BalasHapus