Desain Pembelajaran
Dengan Metode Kooperatif dan Inkuiri
Mata Pelajaran : IPA
Kelas : VI (Enam)
Semester : II (dua)
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit (1 pertemuan)
A. Standar Kompetensi
· Memahami proses metamorfosis yang terjadi pada beberapa hewan.
B. Kompetensi Dasar
· Medeskripsikan metamorfosis yang terjadi pada hewan.
C. Tujuan Pembelajaran
· Melalui strategi Inkuiri, siswa dapat menjelaskan pengertian dari metamorfosis
· Melalui strategi Inkuiri, siswa dapat menyebutkan tahapan-tahapan metamorfosis pada hewan.
· Melalui strategi Kooperatif, siswa dapat memahami proses terjadinya metamorfosis pada hewan dengan benar.
D. Materi Ajar
· Pengertian metamorfosis, proses terjadinya metamorfosis pada hewan, serta contoh hewan yang mengalami proses metamorfosis.
E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
- Pendekatan
· Inkuiri = Orientasi (menjelaskan tujuan), merumuskan Masalah (menyodorkan teka-teki), hipotesis (Jawaban teka-teki), data (materi inti), Menguji hipotesis (tanya jawab materi inti), Kesimpulan.
· Cooperative Learning = peserta berkelompok, ada aturan kelompok, ada upaya belajar tiap kelompok, tujuan yang harus dicapai.
2. Metode Pembelajaran
· Bermain peran
· Diskusi
· Tanya jawab
· Ceramah
· Tugas
F. Langkah-langkah Kegiatan
1. Kegiatan Awal
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
· Guru memberikan teka-teki berisi soal yang mengarah pada materi pokok agar siswa termotivasi untuk melakukan tanya jawab
· Memberikan motivasi dan menjelaskan urut-urutan proses pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
· Guru menunjukan beberapa gambar hewan
· Guru menunjukan dan menjelaskan gambar, kemudian diikuti dengan penjelasan tentang metamorfosis pada hewan, semenara itu siswa menyimaknya.
b. Elaborasi
· Guru menunjukan contoh hewan yang mengalami metamorfosis.
· Guru membagi kelas kedalam beberapa kelompok.
· Guru memberikan tugas kepada masing-masing kelompok untuk merangkai gambar.
· Secara bergiliran melalui perwakilan kelompok siswa menjelaskan gambar yang sudah tersusun.
C. Konfirmasi
· Bersama siswa, Guru merefleksi hasil diskusi.
· Guru memberikan penguatan dengan cara memberikan pujian kepada kelompok yang memperoleh nilai terbaik.
3. Kegiatan Penutup
· Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
· Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
· Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar