Translate To Other Language

Rabu, 28 Desember 2011

DESAIN PEMBELAJARAN DENGAN METODE INKUIRI DAN KOOPERATIF UNTUK MAPEL IPA SD KELAS VI SEMESTER II


Desain Pembelajaran
Dengan Metode Kooperatif dan Inkuiri
Mata Pelajaran          :  IPA
Kelas                           :  VI (Enam)
Semester                    :  II (dua)
Alokasi Waktu           :  1 x 35 menit (1 pertemuan)
A.     Standar Kompetensi                     
·         Memahami proses metamorfosis yang terjadi pada beberapa hewan.
B.     Kompetensi Dasar 
·         Medeskripsikan metamorfosis yang terjadi pada hewan.
C.      Tujuan Pembelajaran
·         Melalui strategi Inkuiri, siswa dapat menjelaskan pengertian dari metamorfosis
·         Melalui strategi Inkuiri, siswa dapat menyebutkan tahapan-tahapan metamorfosis pada hewan
·         Melalui strategi Kooperatif, siswa dapat memahami proses terjadinya metamorfosis pada hewan dengan benar.
D.     Materi Ajar
·         Pengertian metamorfosis, proses terjadinya metamorfosis pada hewan, serta contoh hewan yang mengalami proses metamorfosis.


E.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan
·         Inkuiri = Orientasi (menjelaskan tujuan), merumuskan Masalah (menyodorkan teka-teki), hipotesis (Jawaban teka-teki), data (materi inti), Menguji hipotesis (tanya jawab materi inti), Kesimpulan.
·         Cooperative Learning = peserta berkelompok, ada aturan kelompok, ada upaya belajar tiap kelompok, tujuan yang harus dicapai.
2.      Metode Pembelajaran
·         Bermain peran
·         Diskusi
·         Tanya jawab
·         Ceramah
·         Tugas
F.      Langkah-langkah Kegiatan
1.     Kegiatan Awal
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·         Guru memberikan teka-teki berisi soal yang mengarah pada materi pokok agar siswa termotivasi untuk melakukan tanya jawab
·         Memberikan motivasi dan menjelaskan urut-urutan proses pembelajaran.
2.     Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
·         Guru menunjukan beberapa gambar hewan
·         Guru menunjukan dan menjelaskan gambar, kemudian diikuti dengan penjelasan tentang metamorfosis pada hewan, semenara itu siswa menyimaknya.
b.     Elaborasi
·         Guru menunjukan contoh hewan yang mengalami metamorfosis.
·         Guru membagi kelas kedalam beberapa kelompok.
·         Guru memberikan tugas kepada masing-masing kelompok untuk merangkai gambar.
·         Secara bergiliran melalui perwakilan kelompok siswa menjelaskan gambar yang sudah tersusun.

C.      Konfirmasi
·         Bersama siswa, Guru merefleksi hasil diskusi.
·         Guru memberikan penguatan  dengan cara memberikan pujian kepada kelompok yang  memperoleh nilai terbaik.
3.     Kegiatan Penutup
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
·         Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
·         Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar